Review Anime Toradora

Siang semua ^^
Di postingan kali ini saya akan share ulasan-ulasan tentang anime yang berjudul Toradora menurut saya sendiri, jadi saya tidak mengambil sumber manapun untuk tulisan pada blog ini kecual video dan beberapa foto yang akan di beri sumber :)


Sebelum memberi sinopsis alangkah baiknya saya beri cuplikan video anime Toradora :3 Selamat Menonton.
*Sumber video ada di bawah video

Sinopsis

Takasu Ryuuji seorang remaja SMA yang berurusan dengan gadis SMA bernama Taiga Aisaka, kesalahan fatal yang dibuat Taiga yaitu salah menaruh surat cinta yang seharusnya di taruh ke tas Kitamura sahabat Ryuuji tapi Taiga malah menaruhnya ke dalam tas Ryuuji. Semenjak kesalahan yang dibuat Taiga, Ryuuji mau membantu percintaan Taiga dengan Kitamura dan Ryu dan selain itu juga Taiga selalu makan di rumah Ryuuji (Karena sebuah perjanjian Ryuuji dianggap anjing yang mau disuruh apapun. hehe).

Rangkuman Cerita (Menurut Saya)

  Takasu Ryuuji adalah laki-laki yang mempunyai ibu yang bekerja di bar dan sudah tidak mempunyai ayah, Ryuuji yang sangat suka kebersihan itu melihat jamur di dekat tempat sampah langsung membersihkannya, selain suka kebersihan Ryuuji juga pandai memasak ataupun urusan rumah tangga lainnya. Di sekolah nya, Ryuuji dianggap berandal/preman karena mukanya yang mirip seperti itu, padahal Ryuuji mengharapkan kehidupan SMA nya normal tapi sepertinya itu sulit karena kesalahpahaman, selain Ryuuji, Taiga pun mempunyai julukan di SMA nya yaitu Macan di telapak tangan (aneh ya haha). Taiga yang mempunyai rasa pada sahabat Ryuuji yang bernama Kitamura ingin menaruh surat cinta diam diam ke tas nya, tapi Taiga membuat kesalahan dengan menaruhnya di tas Ryuuji. Malamnya Ryuuji membuka tasnya dan melihat ada surat cinta yang ada tulisan "Untuk Kitamura Yuusaku" "Dari: Aisaka Taiga", Ryuuji menerawang surat itu dengan cahaya lampu tapi di dalam surat itu tidak ada isi apapun dan Ryuuji tidak peduli dan kembali tidur. Diam-diam Taiga menyelinap dari jendela apartemen ke dalam rumah Ryuuji untuk menyuruh Ryuuji melupakan suratnya, dan di sinilah terjadi sebuah perjanjian yang mengikat Ryuuji dan Taiga (perjanjian yang membuat Ryuuji melakukan apapun seperti "anjing" haha).


  Setelah sepulang sekolah, Taiga menyatakan perasaannya kepada Kitamura (anggap saja nembak) dan disamping itu Ryuuji yang tidak sengaja melihat kejadian itu mendengar diam-diam apa yang dibicarakan Taiga dan Kitamura. Taiga mengungkapkan perasaanya ke Kitamura, namun Kitamura menganggap nya sebatas hubungan teman (friend zone lah intinya haha) lalu Kitamura pergi, Setelah Kitamura pergi, Ryuuji datang menghampiri Taiga dan memberi semangat lagi ke Taiga.




  Dan suatu hari saat Ryuuji sedang membantu Taiga memilih foto Kitamura yang bagus, Kitamura menghampiri Ryuuji dan menunjukkan foto Taiga yang ternyata Kitamura dulu pernah menyukai Taiga dan pernah menembaknya.



  Ketika Ryuuji dan Taiga sedang berada di kafe, datang Kitamura dan seorang perempuan yang bernama Kawashima Ami. Saat Ryuuji masih duduk di situ, Kawashima bersikap sangat baik, sopan, manis dan sifat-sifat positif lainnya, ketika Kitamura ke toilet, Ryuuji juga mengikuti Kitamura ke toilet dan Kitamura menunjukkan siapa Kawashima yang sebenarnya dengan melihat Kawashima yang berdua dengan Taiga dan sifat Kawashima berubah drastis berlawanan dengan sifatnya sebelumnya dan mengejek Taiga. Dan tidak disangka Kawashima ternyata masuk ke sekolah yang sama dengan Taiga, Kawashima tidak mau dianggap buruk oleh teman-temannya dan bersikap sangat baik dihadapan teman-temannya, tapi ketika hanya berdua dengan Taiga sifat aslinya keluar.




  Kawashima selalu mengusili Taiga, dan mungkin mereka berdua selalu bermusuhan. Setelah pembukaan kolam renang, Kawashima meminta maaf ke Taiga karena mendorong Taiga ke tengah kolam yang ternyata Taiga tidak bisa berenang. Kawashima mengalihkan pembicaraan dengan mengajak Ryuuji dan "Kitamura" ke villa, mendengar kata "Kitamura" Aisaka langsung kaget dan terjadi perdebatan, ketika sedang berdebat datang Kushieda yang mengajukan dengan pertandingan olahraga yaitu renang (perlombaan olahraga yang di ambil secara acak dan Taiga tidak mendapat keuntungan karena tidak bisa renang). Ryuuji yang merasa kasihan dengan Taiga membantu nya untuk bisa berenang, tapi saat sedang berlatih renang terjadi konflik antara Ryuuji dan Taiga yang membuat Taiga marah dengan Ryuuji. Dan sepertinya setelah konflik antara mereka berdua sedikit selesai, Taiga mulai bertanding dengan Kawashima dengan cara yang sedikit "licik" Taiga mampu mencuri start. Ryuuji masuk ke kolam dan member semangat kepada Taiga setelah itu, karena kecerobahan teman-temannya Ryuuji tenggelam karena terkena badan 2 orang yang tidak sengaja di dorong ke atas kepala Ryuuji, tapi tidak ada satu orangpun yang menyadarinya dan Taiga datang menyelamatkan, Ryuuji sudah sadar tapi ada kejadian dimana Taiga "mungkin" sedikit menyatakan perasaannya kepada Ryuuji yang di sangka tidak sadar itu. Ketika Taiga, Kawashima, Ryuuji, Kitamura dan Kushieda sedang berkumpul Taiga ingin ikut ke villa bersama mereka dan saat ada pembicaraan tentang kejadian kemarin Taiga tidak mengelak kalau mengatakan itu tapi "mungkin" mengelak dengan alasan karena Ryuuji itu anjing ku dan aku majikannya.






  Setelah liburan musim panas di villa selesai, masalah lainnya muncul yaitu ayah Taiga ingin bertemu dengan Taiga tapi Taiga menolak karena menganggap ayahnya telah membuangnya dan menikah lagi. Ryuuji yang tidak tahu apa-apa tentang ayah Taiga hanya ingin ayahnya terlihat senang dengan tinggal bersama Taiga, saat Ryuuji berbicara mengenai ayah Taiga yang "baik" ke Kushieda, Kushieda sadar dan tidak mau ayahnya merusak hidup Taiga lagi (karena Kushieda tahu bagaimana ayahnya Taiga) tapi karena perbedaan pendapat antara Ryuuji dan Kushieda mereka bertengkar selama festival budaya.



  Dan saat festival budaya di sekolah, ayah Taiga berjanji untuk menonton Taiga tapi setelah berada di puncak acara (semacanm Kontes "Puteri" terbaik) ayah Taiga tidak datang dan malah mengirim pesan ke Ryuuji untuk meminta maaf kepada Taiga, setelah itu Ryuuji menyesali apa yang ia perbuat. Setelah acara kontes Puteri selesai dan yang memenangi kontesnya adalah Taiga, ternyata OSIS masih punya kejutan dengan membuat lomba "Si Tuan Beruntung" ya lomba ini menyuruh para siswa untuk berlari berkeliling sekolah dan yang menjadi juara pertama akan memasang mahkota ke Taiga dan berdana dengannya dan jgua mendapatkan buku catatan ketua OSIS selama bersekolah disitu. Ryuuji yang merasa bersalah itu dan menyadari Taiga yang sedang "sendiri" ingin memenangkan lomba tersebut, selama berlangsungnya lomba tersebut dan saat mendekati garis finish, dikejutkan dengan Kushieda yang mengikuti lomba lari membantu Ryuuji dan menyuruh Ryuuji untuk memenangkan lomba tapi Ryuuji tidak peduli dan menggandeng tangan Kushieda dan berlari bersama menuju garis finish.




  Saatnya ketua OSIS harus mundur dari jabatan karena sudah waktunya, yang akan menjadi kandidat ketua OSIS adalah Kitamura, tapi karena kecewa ketua OSIS akan pergi belajar ke luar negeri (Kitamrua kecewa karena Kitamura mencintai ketua OSIS) Kitamura mulai melanggar syarat menjadi ketua OSIS yaitu dengan merubah warna rambutnya. Taiga yang tidak bisa berbuat apa-apa sangat ingin membantu Kitamura, dan akhirnya Taiga memilih jalan untuk membuat Kitamura kembali yaitu mengambil jalan dengan menjadi kandidat ketua OSIS dengan visi&misi yang menyeramkan dan dengan bantuan teman-temannya dan Ryuuji sebagai wakilnya. Karena Ryuuji sudah tahu kebenarannya bahwa Kitamura tidak mau menjadi ketua OSIS karena sakit hatinya, Ryuuji menemui dan menceramahi Kitamura dan saat itu pula Kitamura mulai mengambil jalan nya sendiri. Tepat sehari sebelum penerimaan kandidat ketua OSIS ditutup, Kitamura yang disadarkan Ryuuji dan ketua OSIS sebelumnya menjadi yakin akan pilihan menjadi ketua OSIS. Dan saat pidato ketua OSIS yang baru, Kitamura malah menyatakan perasaannya tapi, mantan ketua OSIS malah mengalihkan perhatian. Ryuuji mengejar mantan ketua OSIS karena tidak menjawab dengan sebenarnya perasaan Kitamura, tapi dia malah pergi, Taiga datang untuk menyuruh Ryuuji menemani Kitamura yang sedang bersedih. Dan ternyata Taiga mendatangi kelas mantan ketua OSIS tersebut dan menagajak berkelahi, saat dipisahkan mantan ketua OSIS mengatakan semua yang ia rasakan, dan karena kejadian itu Taiga di skors.







  Setelah Taiga kembali masuk sekolah, anak-anak kelasnya merencanakan pesta saat malam natal, saat Taiga ingin mengajak Kushieda, Kushieda selalu beralasan dan menolak ikut pesta tersebut. Saat anak-anak kelas sedang memasang pohon natal, Taiga memberikan sebuah bintang yang berkilau untuk dipasangkan diatas/puncak pohon natal tersebut, setelah selesainya memasang pohon natal mereka mencoba menyalakannya. Tapi, hal buruk terjadi, bola dari eskul softball tidak sengaja mengarah jendela aula tempat pohon natal untuk pesta tersebut dan mengenai pohon tersebut sampai bintang di puncaknya pecah. Saat Kushieda dan tim softball nya datang untuk meminta maaf, Kushieda kaget karena ulahnya membuat pohon natal tersebut jatuh dan memecahkan bintangnya. Karena sangat bersalaha, Kushieda menempel potongan-potongan bintang tersebut walau Taiga menyuruhnya untuk tidak usah memperbaikinya karena Taiga sudah memaafkan Kushieda, tapi Kushieda tidak mau melakukannya karena rasa bersalah. Lalu Ryuuji membantu Kushieda untuk memperbaiki bintangnya sampai benar kembali.










  Malam Natal pun tiba, tapi Kushieda benar-benar tidak datang, seusainya Taiga turun dari panggung ia langsung pergi untuk membuat Kushieda ikut ke pesta dan berdansa dengan Ryuuji dan setelah Taiga memberi tahu ke Kushieda bahwa Ryuuji akan menunggu Kushieda sepanjang malam, Taiga langsung pulang ke rumah. Ryuuji yang menyadari Taiga tidak ada di pesta merasa bahwa Taiga melakukan tindakan bodoh dan Ryuuji datang menghibur Taiga dengan memakai baju beruang natal, setelah Taiga tahu bahwa beruang natal itu Ryuuji, Taiga menyuruh Ryuuji untuk ke sekolah lagi karena Taiga sudah menyuruh Kushieda untuk ke sekolah mengikuti pesta, dan Ryuuji pun pergi ke sekolah tapi tidak masuk ke dalam karena baju yang dipakai di pesta ditukar dengan baju beruang itu. Setelah Ryuuji pergi, Taiga menangis dan tidak ingin Ryuuji berpisah darinya yang selama ini menemaninya, Taiga keluar apartemen untuk mengejar Ryuuji tapi sudah terlambat, sambil menangis Taiga memanggil nama Ryuuji tanpa disadarinya Kushieda melihat itu dari kejauhan. Kushieda menyadari bahwa Taiga sangat mencintai Ryuuji, dan Kushieda datang ke menemui Ryuuji dan "mungkin" secara tidak langsung Kushieda mengatakan untuk tidak mendekatinya lagi, tapi Ryuuji menganggap bahwa dirinya sudah ditolah Kushieda.







  Saatnya darmawisata di pegunungan bersalju, Taiga masih ingin membuat Ryuuji dan Kushieda pacaran. Tapi saat di dalam kamar tidur perempuan, Kushieda berdebat dengan Kawashima dan menyebabkan perselisihan antara mereka berdua. Dan saat sedang bermain seluncur Kushieda dan Kawashima bertengkar hingga jepitan rambut yang diberikan Taiga jatuh (sebenarnya jepitan rambut ini punya Ryuuji untuk hadiah saat malam natal ke Kushieda tapi Ryuuji merasa sudah ditolak lalu menyimpannya, tapi Taiga mengambil jepitan rambut itu dan memberikannya ke Kushieda), Taiga yang melihat jepitan rambut itu jatuh segera mengambilnya dan saat pertengkarang sudah di relai mereka baru sadar bahwa Taiga menghilang. Mereka sedang menunggu kabar tim pencari untuk mencari Taiga, tapi Ryuuji dan Kushieda tidak bisa menunggu dan akan mencari Taiga. Ryuuji yang melihat kilauan seperti jepitan rambut di dekat jurang itu langsung menyadari bahwa Taiga ada di situ, Ryuuji pun turun dan menemukan Taiga yang sudah tak sadarkan diri. Saat Taiga digendong Ryuuji, Taiga mengira yang menggendongnya itu adalah Kitamura dan Taiga mulai mengatakan pembicaraan yang intinya tentang rasa nya kepada Ryuuji.








  Perasaan Taiga kepada Ryuuji sudah diketahui oleh teman-temannya dan Kushieda, Kitamura dan Kawashima mencoba membantu Taiga mengatakan perasaannya kepada Ryuuji tapi Taiga tetap tidak bisa dan kabur. Ryuuji tahu walau Taiga sedang kabur, Taiga akan tetap bekerja di toko cokelat dan Ryuuji sudah menunggunya disana. Setelah selesai bekerja, ibu Taiga dan Ryuuji menemui mereka terjadi konflik disini yang membuat Ryuuji berkata yang tidak pantas kepada ibu nya dan mereka kabur. Saat mereka berdua di jembatan dan terjatuh di sungai bawah jembatan itu mereka hampir menyatakan perasaannya masing-masing tapi gagal karena ada telepon dari teman-temannya, setelah bertemu dengan Kushieda, Kitamura dan Kawashima mereka berdua (Ryuuji dan Taiga) memutuskan untuk kawin lari dan teman-temannya mendukung mereka berdua. Tapi sebelum mereka kawin lari mereka melakukan persiapan terlebih dahul, dan saat Ryuuji pulang kerumah ternyata ibu nya sudah pergi duluan dan meninggalkan jam tangan kakek Ryuuji dan menyuruhnya menunjukan jam itu ke kakek dan neneknya.







  Saat tinggal di rumah kakek dan nenek Ryuuji, mereka punya rencana untuk membawa ibu Ryuuji agar bisa berhubungan lagi dengan kakek dan nenek. Rencana mereka berhasil memuat hubungan keluarga nya baik lagi (sepertinya "hubungan" antara Ryuuji dan Taiga tidak saya ceritakan, karena ada adegan ciuman mesra haha). Setelah masalah masing-masing selesai mereka kembali ke rumah lagi dan saat Taiga bilang untuk ke apartemennya sebentar ternyata Taiga sudah membulatkan tekad untuk pergi dengan ibunya dan hanya meninggalkan surat untuk Ryuuji. Dan Taiga mengirim pesan yang sama ke semua teman sekelasnya, yaitu gambar langit dengan satu bintang, lalu Kushieda menyadari maksud dari pesan tersebut dan Kawashima berpikir Taiga akan senang jika kita membalas pesannya. Lalu mereka mencari bintang yang dulu diberikan Taiga untuk menambahkan aksesoris pada pohon natal, setelah menemukannya mereka berfoto bersama dan mengirimnya pada Taiga. Waktu pun berlalu, angkatan Ryuuji naik kelas, saat perayaan naik kelas itu Ryuuji menyadari kehadiran Taiga di suatu ruangan kelas, Ryuuji dengan semangat berlari menuju kelas tersebut dan Ryuuji langsung menyatakan cintanya ke Taiga.










Itu sedikit tentang alur cerita anime Toradora, jika ada yang udah pernah nonton dan di tulisan saya ini ada kesalahan mohon di komentari saja :)

Tokoh-tokoh Toradora

  • Takasu Ryuuji
Tokoh ryuuji ini menurut saya dari awal mukanya gk preman-preman banget, tapi sifatnya yang baik dan suka kebersihan dan keahlian memasak ini adalah sifat laki-laki yang langka didunia ini haha. Yak, Ryuuji menurut saya di anime ini bikin kesel, kenapa? saking baiknya kok mau-mau nya di anggap anj*ng ataupun kata yang menurut saya tidak pantas, yah walaupun akhirnya memuaskan.

  • Aisaka Taiga
Aisaka Taiga, perempuan yang jujur terhadap dirinya ataupun orang lain tidak pernah menyembunyikan sifat aslinya dan hidup dengan cara nya sendiri. Tapi Taiga ini memiliki sifat lain yang kasar terhadap beberapa orang.

  • Kitamura Yuusaku
Bingung nih jelasin character satu ini :3 Kitamura Yuusaku di awal-awal orang ini masih biasa ajah tapi pas mendekati chapter tentang pemilihan ketua OSIS nih orang jadi rada-rada haha dan pas jadi ketua OSIS bener-bener beda dari Kitamura yang kita temui di awal episode, daan dia pernah di tolak oleh Taiga.

  • Kushieda Minori
Kushieda Minori, orangnya terlalu bersemangat dan selalu mencari pekerjaan untuk menabung agar bisa melanjutkan pendidikannya nanti. Selain ber enerjik dia juga selalu mementingkan persahabatan, apalagi saat mendengar ayahnya Taiga dari Ryuuji, Kushieda langsung marah kepada Ryuuji dan mau menolong Taiga.

  • Kawashima Ami
Cantik sih manis pula, tapi kalau udah berhadapan dengan Taiga wah sifat aslinya keluar. Kawashima Ami seorang model yang selalu bersikap baik di depan publik tapi tidak bisa bersifat baik di depan Taiga, dan yang saya pikir dari tokoh satu ini Kawashima sebenarnya sangat menyukai Ryuuji juga.

Opini Penulis

Menurut saya pribadi, anime ini ber genre kehidupan sehari-hari, komedi, romance, dan school. Toradora sebenarnya fokus ke kisah cinta dan komedinya menurut saya, terlihat dari awal yang sudah menampilkan komedi dan kisah cinta selalu ada di setiap episode juga sangat memfokuskan ke kisah cinta. Tapi yang saya sedikit tidak suka adalah lebih dari 15 episode baru muncul masalah cinta Taiga dan Ryuuji yang lebih serius, padahal saya berharap lebih di percepat lagi Ryuuji dan Taiga yang saling mencintai :3 itu sih menurut saya, mungkin yang lain berbeda pendapat mengenai anime Toradora.

Link Download anime Toradora: http://meownime.com/toradora-sub-indo/

1 comments: